Jumat, 13 Maret 2015

TV POLYTRON MATI TOTAL

Baru saja ada garapan TV polytron 32".. wah gedhe bgt ni tv.. langsung dibongkar pasiennya.. cek Ternyata TR HOT shot. langsung ganti, dihidupkan.. mak pyar.. layar tampil .. tapi waduhhhhh kok gambarnya lebarrrrrrrrrrr.......
sambil di lihat-lihat... ijig-ijig ( eh tiba-tiba) ctettt dan betttt.. TV langsung mati.. wahhhh...
langsung cabut TR HOT.. eeee mati kmu yah.....
ganti lagi TR HOT dengan D2499... tidak lama juga langsung... mangalamai hal yang sama..
setelh dicek-demi cek.. Capasitor penybab gambar melar ketemu deh.. 39n 630V.. cari di toko tidak ada... adanya 39n 100v... adanya saja.. langsung pasang.. cop FBT ganti baru.. TR HOT ganti D 2499 hidupkan... crek bur... hehehehe... alkhamdulillah... kayanya ada hasil....sekian dulu... maaf posting buru2...

Sabtu, 13 April 2013

KKN STAIMA BANJAR ANGKATAN KE-9 DESA SUDAGARAN-SIDAREJA-CILACAP

Bismillahirrohmanirrokhim


Kelompok Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda AL-Azhar (STAIMA)
Angkatan ke-9 Tahun Akademik 2012/2013

Kelompok 6 Desa Sudagaran
POSKO
RT.02 RW.04
Desa Sudagaran
Kecamatan Sidareja
Kabupaten Cilacap

Dosen Pembimbing Lapangan
Bapak Basiran, S.H., M.Kn.

Peserta
1  Amir Khasan (Ketua)
2. Ahmad Muzaqi (Wakil Ketua)
3. Tasliman (Sekretaris I)
4. Yosi Aprizal (Sekretaris II)
5. Siti Syuhriyatun Sholihah (Bendahara I)
6. Uswatun Hasanah (BendaharaII)
7. Ufin Mudoyiqoh (Anggota )
8  Siti Mustanginah Anggota)
9. Kuni Nur Faizah (Anggota)
10.Siti Markhamah (Anggota)

Maaf bila ada kesalahan dalam penulisan nama!

Selasa, 14 Agustus 2012

TV SHARP HIDUP SEBENTAR KEMUDIAN MATI / PROTEK

TV sharp memang mempunyai sistim pengamanan yang cukup bagus, sistim kerjanya dengan mematikan keja mesin ketika dijumpai sesuatu yang tidak benar, yang dimaksud bisa tegangan naik maupun turun ( terhubung singkat maupun shot atau putus) sehingga terhindar dari kerusakan yang cukup parah. namun bagi para montir tv tentunya justru membuat permasalahan tersendiri, mengapa? karena ketika tv dihidupkan jik aterjadi kesalahan langsung protek dan mesin mati. sehingga kesulitan bahkan bisa dikatankan tidak bisa untuk mengukur tegangan. bagaimana coba hehehe..
memang kita harus sabar dan telaten.. saya yakin bagi agan2 pengoprek tv sudah tentu mempunyai sifat itu semua hehe..
langsung saja saya akan berbagi pengalaman saya ketika menyervis tv sharp 17" ga tau tipenya pa yang jelas pake IC croma TDA 8362 regulator pake TR D1884 dan IC vertikal X0640C, kasusnya adlah ketika dihidupkan tidak lama (selang beberapa detik )mati lagi, ketika tombol power ditekan lampu LED menyanya merah kemudian hijau kemudian merah lagi.. setelah diadalakan pemeriksaan di laboratorium heheh.. denag memakan waktu yang cukup lama.. dan akhirnya menghasilkan kesimpulan BAHWA.. ternyata ada komponen yang shot alias putus yaitu R 521 yang nilainya 33 ohm, R ini adalah sebagai FUSE (sekring) tegangan positif pemberi suplay dari TFB ke IC vertikal.. kerusakan pada R ini disebabkan karena IC vertikal mengalami korsleting.. sehingga R tersebut putus.. disamping itu elko filter pada tegangan tersebut juga kelihatanya sudah kusut hehe mendinganganti aja tu elko sama R trus IC vertikal.. Ok sekian pengalaman saya semoga bermanfaat..

Minggu, 17 Juni 2012

CARA MENDAPATKAN DOLLAR DI INTERNET

Hallo bagaimana kabar...?? semoga baik..hehe
kali ini saya akan menunjukan pada anda cara mendapatkan dollar di internet.. itung-itung mencari penghasilan tambahan hehehe..
langsung saja ok!
yang perlu disiapkan adalah :
1. anda harus mempunyai mas mail. ee maksud saya email... tentunya sudah kan??
2. anda mempunyai blog. atau gampang buat blognya menyusul juga boleh..
3. anda mendaftar ke sini silahkan klik DAFTAR
4. ikuti langkah - langkahanya
slamat mendaftar
Affiliate Program ”Get Money from your Website”

Selasa, 20 Desember 2011

Download gratis Free Download Manager

Bagi penggemar internet sudah tidak asing dengan sitilah downloa(mengunuh file dari internet) memang systim operasi winows sudah menyertakan fasilitas download namun terbatastidak seperti aplikasi khusus untuk mengunduh file (downloder). aplikasi downloder banyka macamnya. ada yang berbayar adapula yang gratsis. bagi anda yang menginginkan downloer yang gratisbisa anda dapatkan di ling berikut..Downloa FDM semoga bermanfaat..

Sabtu, 16 Oktober 2010

BELAJAR KOMPONEN ELEKTRONIKA (RESISTOR)

PENDAHULUAN.
Di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini Kata “elektronik” sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun kadang juga ada sebagian dari kita yang belum paham apa itu elektronik. Pada kesempatan ini saya akan mencoba mengulas tentang elektronik. Kata Elektronik berasal dari kata elektron, elektron sendiri adalah bagian dari atom yang bergerak mengelilingi inti atam (proton) Eletron tersebut adalah bagian dari atom yang mudah bergerak atau berpindah, perpindahan elektron itulah yang menyebabkan timbulnya listrik. Dari situ dapatlah kita tarik kesimpulan bahwa Elektronik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan listrik. Sedangkan alat-alat elektronik (piranti elektronik) adalah semua alat yang kerjanya menggunakan energi listrik.
Energi listrik adalah suatu bentuk energi yang mudah diubah menjadi energi bentuk lain, itulah salah satu dari beberapa alasan mengapa banyak sekali alat-alat yang kerjanya menggunakan energi listrik (alat elektronik). Dari mulai alat yang sederhana misalnya bola lampu sampai yang rumit missalnya pesawat Televisi atau komputer, dari mulai alat mainan anak, alat-alat rumah tangga, alat-alat pembantu kerja di kantor-kantor, sampai alat-alat kerja lainnya. Semua itu termasuk alat elektronik. Dengan banyaknya alat-alat elektronik berarti semakin sering kita menggunakan alat-alat elektronik, tidaklah ada salahnya jika kita tidak hanya sebagai pemakai tetapi dapat mengatasi masalah yang mungkin terjadi ketika alat-alat elektronik tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Bukan cuma itu, jika kita punya pengetahuan tentang elektronik tentunya kita akan lebih bijak dan tepat dalam menggunakan alat elektronik.
Baiklah mari kita mulai belajar elektronik, untuk lebih tepatnya kita akan belajar komponen elektronik, dari beberapa macam komponen elektronik kali pertama ini kita akan mempelajari komponen elektronik yang bernama resistor.

1. RESISTOR
Resistor adalah komponen elektronik yang paling banyak di gunakan pada setiap alat – alat elektronik, kata “resistor” berasal dari bahsa inggris, dalam bahasa Indonesia kita sering menyebut dengan istilah “tahanan” atau “hambatan” ada juga yang menyebut “weerstand” yang berasal dari bahasa belanda.
Nilai ukuran resistor dihitung dalam satuan Ohm ( baca = um ) yang simbolnya adalah sebagai berikut:


sedang daya tahan resistor terhadap daya listrik dinyatakan dengan satuan watt.
Sedangkan simbol resistor yang biasa digunakan dalam skema rangkaian elektronik adalah sebagai berikut:





Atau





Untuk menghitung besar kecilnya hambatan pada suatu resistror digunakan kode warna yang tertera pada badan resistor itu sendiri, sedangkan untuk mengetahui besar kecilnya daya tahan suatu resistor terhadap daya listrik dengan cara melihat besar kecilnya resistor itu sendiri. Pada umunya resistor berukuran 0,25 watt, 0.5 watt, 1 watt, 2 watt, 5 watt, 7 watt, 10 watt dan 20 watt. Sedangkan untuk menghitung nilai hambatan resistor digunakan kode warna seperti pada tabel berikut:



CONTOH CARA MENGHITUNG NILAI RESISTOR








Arti toleransi pada resistor adalah nilai ketidaktepatan pada resistor yang dinyatakan dalam persen,
contoh suatu resistor Berdasarkan kode warna yang berukuran 1000 ohm ( 1 kΩ ) dengan toleransi 10% berarti resistor ini dalam kondisi baik jika ukurannya diantara 1000 ohm – 10% nya sampai 1000 ohm + 10% nya ( 1000-100 = 900 s.d 1000+100 = 1100). Resistor tersebut dinyatakan baik apabila nilainya tidak kurang dari 900 ohm dan tidak lebih dari 1100 ohm.

RESISTOR YANG DI PASANG SERI DAN PARALEL
Resistor Di Pasang Seri
Resistor yang di pasang seri nilainya akan bertambah sesuai jumlah resistor tersebut.
Rumus untuk menghitung resistor yang di pasang seri adalah : R total = R1 + R 2 + R3 ( dan seterusnya)





Contoh. Dua buah resistor yang berukuran 1 kΩ dipasang seri dengan resistor yang nilainya 2 kΩ maka nilai resistor total adalah = 1 kΩ + 2 kΩ = 3 kΩ




Resistor Di Pasang Paralel
Resistor yang dipasang paralel nilainya akan berkurang.
Rumus untuk menghitung resistor yang dipasang parallel adalah :


Contoh:







Dua buah resistor yang dipasang parallel masing-masing 10 kΩ dan 20 kΩ
Maka nilai total resistor tersebut adalah :


Demikianlah postingan kali ini tentang resistor, nantikan postingan selanjutnya, semoga bermanfaat…

Sabtu, 10 April 2010

Dari seorang guru kepada murid-muridnya

Puisi : Oleh Haryanto Andang Djaya
dikutip dari "Terampil berbahasa Indonesia" untuk SD/MI kls 5
terbitan "Bengawan Ilmu"

Dari seorang guru kepada murid-muridnya

Apakah yang kupunya
anak-anakku
selain buku-buku dan sedikit ilmu
sumber pengabdian kepadamu

Kalau di hari minggu
engkau datang kerumahku
aku takut anak-anakku
kursi-kursi tua yang di sana
dan meja tulis sederhana
dan jendela-jendela yang tak pernah diganti kainnya
semua padamu akan bercerita
tentang kehidupanku di rumah tangga

Ah tentang ini tak pernah aku bercerita
dalam kelas sedang menatap wajah-wajahmu remaja
horizon yang selalu biru bagiku
karena kutahu anak-anakku
engkau terlalu muda
engaku terlalu bersih dari dosa
untuk mengenal ini semua

Minggu, 14 Februari 2010

Banjir di Panebasan




Hari ini minggu 14 Februari 2010 banjir masih menggenangi daerah Panebasan, sebagian ciklapa, bahkan air tampak meninggi dibanding hari kemarin, ini dikarenakan hujan yang kembali terjadi kemarin sore, hingga saat ini tinggi air rata-rata mencapai lulut orang dewasa ( kurang lebih 40 - 50 cm) bahkan di tempat yang rendah bisa lebih dari itu. bukan di daerah panebasan saja banjir juga melanda darah lain seperti di kecamatan Sidareja. Akibat dari banjir etrsebut aktifitas keseharian warga terhambat, karena jalan tertutup air, sepeda motor tidak bisa meleatinya. alat transportasi berganti sementara menggunakan perahu

Banjir kembali menggenangi Panebasan



Setelah sekian lama Panebasan tidak dilanda banjir, Sabtu 13 Februari 2010 Panebasan kembali direndam banjir. Pasalnya sejak jum'at malam hujan deras terus mengguyur di dusun Panebasan desa ciklapa Kecamatan kedungreja itu. Akhirnya hampir disemua ruas jalan dan sebagaian tanah pekarangan di daerah ini tidak luput dari genangan air. Akibat dari itu sebagian siswa MI Al Ma'arif 02 Ciklapa dan SD yang jalannya tergenang air mengurungan niatnya untuk pergi belajar.
Ditambah lagi Sabtu sare kembali daerah ini diguyur hujan deras, sihingga luapan air bertambah hingga mencapai sekitar 20 - 30 cm,

Selasa, 09 Februari 2010

Sobakhal khoir

Selamat pagi semua...
Alkhamdulillah di pagi yang cerah ini kita masih diberi kekuatan lahir batin, sehingga dapat beraktifitas sebagaimana biasanya, hari ini bukan hari yang lalu, hari ini adalah salah satu hari dari hari yang telah dan akan diciptakan oleh Alloh SWT. Dan sebagai manusia tentunya hidup di dunia ini bagaikan roda, kadang di atas kadang di bawah kadang melintas jalan yang halus kadang juga melintasi jalan yang rusak, tetapi alangkah malangnya kalo roda itu tidak bulat lagi, sudah barang tentu akan diganti dengan roda yang baru. Nah bagaimana dengan kita, apakah hari ini sudah lebih baik dari hari kemarin? ataukah sama? atau malah libih buruk dari hari kemarin?
Marilah kita tetap berusaha untuk tetap berada pada rel yang benar, sehingga selamat sampai tujuan,, sekian mohon ma'af, dan selamat beraktifitas..

Senin, 08 Februari 2010

Selamat datang...



Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera semoga senantiasa Alloh limpahkan sepada kita semua..
Alkhamdulillah sampai detik ini kita masih di ijinkan untuk menghembuskan nafas di bumi ini, masalahnya sekarang apakah kita sudah melaksanakan apa yang menjadi kewajiban kita.
Sebagai manusia kita tidak luput dari kesalahan dan dosa, maka dari itulah, tak ada kata-kata yang pertama dan patut saya ucapkan kecuali Mohon ma'af bilamana dalam menulis blog ini ada kekhilafan.
Akhirnya semoga kita senantiasa mendapat pentunjuk dan ridlo-Nya amiin.